Kanker Tulang

Tidak semua tumor tulang bersifat kanker. Mayoritas kanker yang melibatkan tulang adalah metastasis, atau sekunder, penyakit dari kanker jarak jauh lainnya. Kanker tulang primer lebih jarang.
Gejala paling umum dari kanker tulang adalah rasa sakit. Rasa sakit biasanya ringan awalnya dan secara bertahap menjadi lebih intens.

Perawatan kanker tulang termasuk kombinasi operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi. Perawatan didasarkan pada ukuran dan lokasi kanker dan apakah kanker telah menyebar ke atau dari tulang dan ke jaringan sekitarnya.

Tubuh terdiri dari banyak struktur kecil yang disebut sel. Satu miliar sel akan mengisi bola dengan diameter jari telunjuk Anda. Sel-sel mengatur untuk membentuk jaringan. Jaringan diatur ke organ. Ada banyak jenis sel yang tumbuh untuk membentuk bagian-bagian berbeda dari tubuh Anda. Selama pertumbuhan dan perkembangan normal, sel-sel ini terus tumbuh, membelah, dan membuat sel-sel baru.

Proses ini berlanjut sepanjang hidup bahkan setelah Anda tidak lagi tumbuh. Sel-sel terus membelah dan membuat sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel yang tua dan rusak. Pada orang yang sehat, tubuh mampu mengendalikan pertumbuhan dan pembelahan sel sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kanker terjadi ketika kontrol normal sel ini hilang dan sel mulai tumbuh dan membelah dengan cara yang tidak terkontrol.

Sel-sel juga menjadi abnormal dalam penampilan dan telah mengubah fungsi pada pasien dengan kanker. Sel-sel kanker dapat menjadi sangat merusak sel-sel di sekitarnya dan dapat menyebar baik secara lokal dengan invasi langsung, dan jauh melalui sistem limfatik dan / atau aliran darah ke dan menyerang organ dan jaringan normal, mengganggu fungsi mereka.

Ada banyak jenis kanker yang berbeda. Kanker biasanya dinamai berdasarkan jenis jaringan atau organ di mana kanker mengambil asal dan awalnya tumbuh. Misalnya, kanker paru-paru disebabkan oleh sel-sel tak terkendali yang terbentuk di dalam paru-paru, dan kanker payudara oleh sel-sel yang terbentuk di dalam payudara.

Tumor adalah kumpulan sel-sel abnormal yang dikelompokkan bersama. Namun, tidak semua tumor bersifat kanker. Tumor bisa jinak (bukan kanker) atau ganas (kanker). Tumor jinak biasanya kurang berbahaya dan tidak dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh. Tumor jinak masih bisa berbahaya. Mereka dapat terus tumbuh dan berkembang secara lokal. Ini dapat menyebabkan kompresi dan kerusakan pada struktur sekitarnya. Tumor ganas biasanya lebih berbahaya dan dapat menyebar ke area lain di dalam tubuh.

Kemampuan sel kanker untuk meninggalkan lokasi awalnya dan pindah ke lokasi lain di dalam tubuh disebut metastasis. Metastasis dapat terjadi oleh sel-sel kanker yang memasuki aliran darah tubuh atau sistem limfatik untuk melakukan perjalanan ke situs lain di dalam tubuh. Ketika sel-sel kanker bermetastasis ke bagian lain dari tubuh, mereka masih dinamai oleh tipe asli sel abnormal. Sebagai contoh, jika sekelompok sel payudara menjadi kanker dan bermetastasis ke tulang atau hati, itu disebut kanker payudara metastatik bukan kanker tulang atau kanker hati.

Banyak jenis kanker yang berbeda dapat bermetastasis ke tulang. Jenis kanker yang paling umum yang menyebar ke tulang adalah kanker paru-paru, payudara, prostat, tiroid, dan ginjal. Kanker yang timbul dari limfatik atau sel darah, termasuk limfoma dan multiple myeloma, juga dapat sering mempengaruhi tulang ketika mereka muncul atau melibatkan sumsum tulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar