Kanker Otak

Kanker otak adalah konsekuensi dari pertumbuhan abnormal sel-sel di otak. Kanker otak dapat timbul dari sel-sel otak utama, sel-sel yang membentuk komponen otak lainnya (misalnya, membran, pembuluh darah), atau dari pertumbuhan sel kanker yang berkembang di organ lain dan yang telah menyebar ke otak oleh aliran darah (metastasis atau kanker otak sekunder).

    Meskipun banyak pertumbuhan di otak yang populer disebut tumor otak, tidak semua tumor otak bersifat kanker. Tumor hanyalah sekumpulan sel. Tumor jinak terdiri dari sel-sel yang tidak bersifat kanker. Tumor ganas terdiri dari sel kanker. Kanker adalah istilah yang diperuntukkan bagi tumor ganas. Tumor ganas terdiri dari pertumbuhan yang agresif, sel-sel yang tampak abnormal yang disebut sebagai sel kanker.

    Tumor ganas tumbuh dan menyebar secara agresif, menyerang dan menyebar ke area jaringan yang sehat, dan kemudian menguasainya dengan mengambil ruang, darah, dan nutrisi mereka. Seperti semua sel tubuh, sel-sel tumor membutuhkan darah dan nutrisi untuk bertahan hidup. Ini terutama masalah di otak, karena massa yang meluas yang disebabkan oleh pertumbuhan tambahan dalam batas-batas tertutup tengkorak dapat menyebabkan peningkatan tekanan dalam ruang di dalam tengkorak (tekanan intrakranial) atau distorsi area otak, menyebabkan mereka gagal berfungsi dengan benar. Tumor otak ganas dan jinak dapat menyebabkan masalah peningkatan tekanan intrakranial dan konsekuensinya. Tumor otak ganas biasanya menyebabkan masalah seperti itu lebih agresif dan cepat daripada tumor otak jinak.

    Hampir semua tumor yang mulai di otak tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh. Perbedaan utama lain antara tumor jinak dan ganas adalah bahwa sementara tumor ganas dapat menyerang jaringan otak dan tumbuh dengan cepat, tumor jinak biasanya mendorong, daripada menyerang, jaringan yang berdekatan.

    Secara umum, tumor jinak kurang serius dibandingkan tumor ganas. Namun, tumor jinak masih dapat menyebabkan banyak masalah di otak, tetapi biasanya masalah berkembang pada tingkat yang lebih lambat daripada tumor ganas.

Kadang-kadang orang mengacaukan aneurisma otak dengan tumor otak. Aneurisma otak bukan tumor; mereka adalah area di arteri otak atau vena yang secara abnormal lemah dan berkembang untuk membentuk balon atau perluasan dinding pembuluh darah. Mereka jarang menghasilkan gejala apa pun kecuali mereka mulai mengeluarkan darah ke jaringan otak di sekitarnya atau jika mereka meledak. Aneurisma mungkin kongenital (hadir saat lahir) atau meluas atau terbentuk di pembuluh otak setelah kerusakan pembuluh darah (misalnya, trauma, aterosklerosis, tekanan darah tinggi) tetapi tidak terbentuk dari sel kanker. Sayangnya, ketika aneurisma menghasilkan gejala, mereka dapat menyerupai gejala yang dihasilkan oleh tumor otak.

Faktor Risiko

Seperti tumor di tempat lain di tubuh, penyebab pasti sebagian besar tumor otak tidak diketahui.

Faktor-faktor berikut telah diusulkan sebagai faktor risiko yang mungkin untuk tumor otak primer, tetapi apakah faktor-faktor ini benar-benar meningkatkan risiko seseorang dari tumor otak tidak diketahui pasti.

    Radiasi ke kepala
    Risiko herediter (genetik)
    Infeksi HIV
    Merokok
    Racun lingkungan (misalnya, bahan kimia yang digunakan dalam kilang minyak, bahan kimia pembalseman, bahan kimia industri karet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar