Diagnosis Kanker Tulang

Dokter Anda kemungkinan akan mulai dengan riwayat medis lengkap, riwayat keluarga, dan pemeriksaan fisik. Tujuan dari riwayat medis dan keluarga adalah untuk menentukan bagaimana gejala Anda berkembang dan bagaimana mereka berubah seiring waktu.

Petunjuk ini dapat membantu dokter Anda mendiagnosa kanker tulang dibandingkan beberapa penyebab potensial lainnya dari gejala Anda. Pemeriksaan fisik akan mengevaluasi area nyeri atau massa, dan memeriksa kekuatan, sensasi, dan refleks Anda.

Tes darah tertentu mungkin diperintahkan yang dapat membantu diagnosis. Alkaline fosfatase dan dehidrogenase laktat sering meningkat dalam darah pasien dengan osteosarcoma dan sarkoma Ewing.

Selanjutnya, dokter kemungkinan akan memesan beberapa studi pencitraan dari tulang yang terkena. Sinar-X polos atau radiografi sering dapat mengidentifikasi kelainan pada tulang dan memberikan informasi mengenai bentuk, ukuran, dan lokasi tumor.

    Sinar-X juga dapat mencari kemungkinan patah tulang dan menilai risiko patah tulang di masa depan. Pemindaian tulang melibatkan menyuntikkan sedikit bahan radioaktif ke dalam darah yang terkumpul di tulang.

    Pemindaian tulang dapat mengidentifikasi area peningkatan aktivitas tulang yang dapat terjadi dengan fraktur, pertumbuhan, dan tumor. Ini dapat digunakan untuk melokalisasi kanker tulang dan mencari area lain dari keterlibatan.

    Computed tomography (CT) scan dapat memberikan gambaran tiga dimensi dari tulang yang dapat memberikan pandangan yang lebih baik dari kanker.

    Pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) dapat dilakukan untuk mengevaluasi jaringan lunak atau tulang yang terlibat oleh kanker.

    Pemindaian positron emission tomography (PET) melibatkan suntikan sejumlah kecil glukosa radioaktif ke dalam aliran darah dan memindai seluruh tubuh untuk mencari area lain dari peningkatan aktivitas tulang. Pemindaian ini sering dapat dikombinasikan dengan CT scan untuk detail yang lebih baik.

Setelah kelainan telah diidentifikasi di tulang, dokter Anda mungkin ingin mendapatkan biopsi tulang. Ini melibatkan mengambil sepotong kecil tulang yang dapat dipelajari oleh ahli patologi untuk menentukan jenis kanker apa yang hadir. Tergantung pada lokasi kanker, biopsi dapat diperoleh di kantor dengan jarum kecil atau mungkin perlu diperoleh di ruang operasi oleh seorang ahli bedah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar