Jenis dan Kelas Kanker Otak

Tumor otak primer

Otak terdiri dari banyak jenis sel dan tumor yang muncul dari tipe sel otak disebut tumor otak primer. Jawaban atas pertanyaan "Seberapa umum tumor otak primer?" adalah bahwa jenis tumor ini tidak umum (sekitar 12 per setiap 100.000 orang per tahun).

    Kanker terjadi ketika satu jenis sel mengubah dan kehilangan karakteristik normalnya. Setelah diubah, sel-sel tumbuh dan berkembang biak dengan cara yang abnormal.
    Ketika sel-sel abnormal tumbuh, mereka menjadi massa sel, atau tumor.
    Tumor otak yang dihasilkan dari transformasi ini dan pertumbuhan abnormal sel-sel otak disebut tumor otak primer karena berasal dari otak. Tumor otak terjadi pada populasi pasien anak dan dewasa.
    Tumor otak primer yang paling umum adalah glioma, meningioma, adenoma hipofisis, schwannomas vestibular, limfoma SSP primer, dan tumor neuroektodermal primitif (medulloblastoma). Glioma adalah istilah yang luas karena mencakup banyak subtipe, termasuk astrocytomas, oligodendrogliomas, ependymomas, dan papilloma pleksus koroid.
    Tumor primer ini dinamai berdasarkan bagian otak atau jenis sel otak tempat mereka muncul.

Tumor otak bervariasi dalam tingkat pertumbuhan dan kemampuannya untuk menyebabkan gejala. Sel-sel dalam tumor yang tumbuh cepat dan agresif biasanya tampak abnormal secara mikroskopis. The National Cancer Institute (NCI) menggunakan sistem penilaian untuk mengklasifikasikan tumor. The NCI daftar nilai-nilai berikut:

    Grade I: Jaringannya jinak. Sel-sel terlihat hampir seperti sel-sel otak normal, dan pertumbuhan sel lambat.
    Grade II: Jaringannya ganas. Sel-sel terlihat kurang seperti sel-sel normal daripada sel-sel dalam tumor kelas I.
    Grade III: Jaringan ganas memiliki sel yang terlihat sangat berbeda dari sel normal. Sel-sel abnormal secara aktif tumbuh. Sel-sel yang tampak abnormal ini disebut anaplastik.
    Tingkat IV: Jaringan ganas memiliki sel-sel yang terlihat paling tidak normal dan cenderung tumbuh sangat cepat (agresif).

Per Central Brain Tumor Registry dari Amerika Serikat memperkirakan pada tahun 2016, sekitar 77.000 tumor otak akan didiagnosis di AS Sekitar 25.000 akan menjadi ganas, dan sekitar 52.800 jinak (dengan sekitar 22.000 kasus didiagnosis sebagai meningioma, bentuk paling umum tumor otak, dan biasanya tipe jinak). Glioma adalah jenis tumor otak ganas yang paling umum, dengan setidaknya setengahnya adalah tingkat IV atau glioblastoma, jenis tumor otak ganas yang paling agresif atau kanker otak. Registri ini sedang diperbarui, sehingga hanya data perkiraan 2012 yang tersedia saat ini.

Tumor Otak Metastatik

Tumor otak metastatik terbuat dari sel kanker yang menyebar melalui aliran darah dari tumor yang terletak di tempat lain di dalam tubuh. Kanker yang paling umum yang menyebar ke otak adalah yang timbul dari kanker yang berasal dari paru-paru, payudara, dan ginjal serta melanoma ganas, kanker kulit. Sel-sel menyebar ke otak dari tumor lain dalam proses yang disebut metastasis.

Proses metastasis terjadi ketika sel-sel kanker meninggalkan jaringan kanker primer dan memasuki sistem limfatik untuk mencapai kelenjar getah bening dan mungkin kemudian aliran darah atau melalui aliran darah secara langsung. Sel-sel kanker ini akhirnya mencapai jaringan otak melalui aliran darah di mana mereka berkembang menjadi tumor metastatik.

Tumor otak metastasis adalah jenis tumor yang paling umum ditemukan di otak dan jauh lebih umum daripada tumor otak primer. Tumor metastatik biasanya dinamai berdasarkan jenis jaringan dari mana sel-sel kanker asli muncul (misalnya, paru-paru metastatik atau kanker payudara metastatik). Aliran darah otak biasanya menentukan di mana sel-sel kanker metastasis akan bersarang di otak; sekitar 85% berada di serebrum (bagian terbesar dari otak, terletak di bagian atas rongga tengkorak). Sayangnya, sebagian besar tumor otak metastasis menyebar secara difus di otak dan ditemukan setidaknya separuh waktu di lebih dari satu situs di jaringan otak, muncul sebagai beberapa massa pada scan diagnostik.

Lima belas persen dari semua kanker (kecuali untuk kanker kulit non-melanoma, dan karsinoma in situ serviks) akan menjadi rumit oleh metastasis otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar